Radiografi di Dunia Industri Adalah Aplikasi Ternologi Nuklir

radiografiYOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Radiografi dalam dunia industri merupakan salah satu aplikasi teknologi nuklir untuk melakukan pengujian tak merusak (UTR). Teknik radiografi memanfaatkan radiasi gamma atau sinar-x untuk menguji kualitas suatu komponen industri seperti sambungan las pada pipa, boiler, atau tangki. Salah satu analisis yang dilakukan adalah menentukan keberadaan serta mengidentifikasi jenis cacat pengelasan.
“Jenis cacat pengelasan menjadi dasar dalam menentukan apakah pengelasan pada komponen industri tersebut dapat diterima,” papar Muhtadan pada ujian terbuka program doktor Fakultas Teknik UGM. Dosen PNS di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir-BATAN tersebut mempertahankan disertasinya berjudul: Identifikasi Cacat Pengelasan Pada Citra Digital Film Radiografi Industri.

Ditambahkan, keluaran dari teknik radiografi berupa film radiografi. Film radiografi atau radiograf dapat digunakan untuk menganalisis atau mengidentifikasi jenis cacat pengelasan pada komponen industri tersebut. Saat ini analisis atau identifikasi masih banyak dilakukan dengan pengamatan langsung oleh seorang operator. Sehingga berpotensi memunculkan human error.
(Bambang Unjianto/ CN40/ SM Network)